Panduan dalam memilih pemimpin dalam islam

Kategori: Aqidah - Tauhid
Diterbitkan: Minggu, 16 Juli 2017
Ditulis oleh shahibmuslim

Pilkada (ilustrasi).   (republika.co.id)

dakwatuna.com –  Pemilihan kepala daerah (pilkada) secara serentak akan segera digelar. Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pelaksanaan pilkada serentak pada 15 Februari 2017, yang diikuti 101 daerah dari tingkat provinsi, kabupaten, dan kota.

Selain sebagai proses demokrasi, pilkada juga sebagai proses silih bergantinya kepemimpinan, dan itu menjadi sunnatullah dalam kehidupan. Untuk itu, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan sebagai bekal dalam pemilihan pemimpin.

Selengkapnya...

Beda pendapat tak harus berpecah belah

Kategori: Aqidah - Tauhid
Diterbitkan: Jumat, 14 Juli 2017
Ditulis oleh shahibmuslim

Hasil gambar untuk beda pendapat tak harus pecah belah

Fadhilatusy Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah pernah ditanya tentang keanekaragaman jama’ah-jama’ah Islamiyah yang tak jarang di antara mereka saling menerapkan bara’ (berlepas diri), dan juga sikap yang harus diambil ketika terjadi perbedaan pendapat. Beliau memberikan penjelasan sebagai berikut:

Selengkapnya...

Fakta Paham Akidah Murji'ah dalm dunia Islam

Kategori: Aqidah - Tauhid
Diterbitkan: Jumat, 07 Juli 2017
Ditulis oleh shahibmuslim

Hasil gambar untuk paham murjiah

Eramuslim – Lahirnya doktrin murji’ah muncul bersamaan dengan kemunculan ulama penguasa, yaitu disaat sistem kerajaan lahir dan sistem khilafah lenyap. Bersamaan degan lahirnya doktrin murji’ah ini, terjadinya pemisahan antara Penguasa dengan Al-Qur’an.

Pandangan iman dari penganut doktrin murji’ah ini, bisa digambarkan bahwa iman adalah pembenaran dengan hati da n pernyataan dengan lisan saja. Para penganut doktrin ini tidak memasukkan amal dari bagian makna iman. Mereka – penganut murji’ah mengatakan, bahwa iman adalah pembenaran dan kemaksiatan (kemungkaran) tidak akan membahayakan iman. Barangsiapa yang mengucapkan kalimat syahaadat, “la ilaha illallah” kami hukumi ia sebagai Islam, tanpa penduli apa yang ia katakan atau perbuat setelahnya.

Selengkapnya...

Jangan Salah Memilih Teman

Kategori: Aqidah - Tauhid
Diterbitkan: Jumat, 07 Juli 2017
Ditulis oleh shahibmuslim

Hasil gambar untuk memilih teman

Di dalam al-Qur`an dan as-Sunnah, penyebutan kata-kata; al-Qarin, ar-Rafiq dan al-Khalil (semuanya memiliki makna yang mirip: orang yang selalu menyertai, teman, kekasih) selalu diiringi dengan arahan-arahan yang bermanfaat dan isyarat-isyarat edukatif yang penting. Manakala seseorang dalam kehidupan ini harus memiliki teman yang dapat mengajaknya bicara, curhat, menghibur dan menasehatinya; maka masalah memilih teman tentu menjadi amatlah penting. Karena itu, harus ada kesungguhan dalam memilih orang yang kita senangi dan kita kasihi. Sebab seseorang diukur berdasarkan agama temannya. Seseorang akan bersama orang yang ia cintai. Para ulama sering mengatakan, “Seseorang tidak semestinya menyepelekan hal memilih siapa yang layak dijadikan teman, sebab pertemanan itu memiliki pengaruh yang teramat besar bagi seseorang.” Mengenai hal ini, Rasulullah shallallahu 'alahi wasallam pernah bersabda, “Seseorang (diukur) berdasarkan agama temannya; maka hendaklah salah seorang di antara kamu melihat siapa yang ia jadikan kekasih (teman).” (HR.Abu Daud, dishahihkan Syaikh al-Albani)

Selengkapnya...

Golput Menurut Prof Dr Ali Muhammad Ash-Shallabi

Kategori: Aqidah - Tauhid
Diterbitkan: Rabu, 15 Maret 2017
Ditulis oleh ibnuhamim

Golput Menurut Prof Dr Ali Muhammad Ash-Shallabi

Beberapa orang baik individu-individu dalam masyarakat maupun kelompok sosial cenderung berpandangan untuk memboikot dan golput dalam pemilihan umum, padahal pemilihan itu bertujuan untuk tegaknya Negara Islam modern.

Selengkapnya...