Mengenal Tauhid dan Keutamaannya

Kategori: Aqidah - Tauhid
Diterbitkan: Senin, 07 Mei 2018
Ditulis oleh shahibmuslim

tauhid

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Bagi setiap muslim, kehidupan di alam dunia adalah kesempatan emas untuk beribadah dan mengabdi kepada Allah. Karena dengan ibadah itulah dia akan bisa meraih kebahagiaan dan keselamatan. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Dan tidaklah Kami menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. Adz-Dzariyat : 56). Syaikh as-Sa’di rahimahullahberkata, “Tidak ada suatu perkara yang memiliki dampak yang baik serta keutamaan beraneka ragam seperti halnya tauhid. Karena sesungguhnya kebaikan di dunia dan di akhirat itu semua merupakan buah dari tauhid dan keutamaan yang muncul darinya.” (al-Qaul as-Sadid fi Maqashid at-Tauhid, hal. 16).

Selengkapnya...

Makna Sihir, Bentuk-Bentuknya dan Hukumnya

Kategori: Aqidah - Tauhid
Diterbitkan: Senin, 07 Mei 2018
Ditulis oleh shahibmuslim

Pembaca yang dimuliakan oleh Allah, salah satu perbuatan yang membuat pelakunya celaka, terjatuh dalam jurang kehancuran adalah perbuatan Sihir. Allah Ta’ala telah menegaskan bahwa Tukang Sihir adalah orang yang tidak akan beruntung baik di dunia maupun akhiratnya. Allah Ta’ala berfirman (artinya), “Dan tukang sihir itu tidak akan menang dari mana saja ia datang.” (QS. Thaha: 69). Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim, “Jauhilah tujuh perkara yang membawa kepada kehancuran..” beliau menyebutkan salah satu perkara tersebut adalah perbuatan Sihir.

Selengkapnya...

Mengapa Allah Perintahkan Shalat Menghadap Ka'bah?

Kategori: Aqidah - Tauhid
Diterbitkan: Kamis, 26 April 2018
Ditulis oleh shahibmuslim

kabah1

Pada bulan Rajab tahun kedua hijrah Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, telah terjadi pertempuran kecil antara utusan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang dipimpin oleh Abdullah bin Jahsy dengan kelompok dagang kaum Quraisy. Pada bulan ini juga terjadi peristiwa penting yaitu perubahan arah kiblat kaum Muslimin dari masjid al-Aqsha ke arah Ka’bah.

Selengkapnya...

baru kali ini

Kategori: Aqidah - Tauhid
Diterbitkan: Kamis, 22 Februari 2018
Ditulis oleh shahibmuslim

 

cvvcvcvcvcvcvccvcvcvxcvcvcvcv

MEMAHAMI AL AWWAL, AL AKHIR, AZH ZHAHIR DAN AL BATHIN

Kategori: Aqidah - Tauhid
Diterbitkan: Senin, 25 Desember 2017
Ditulis oleh shahibmuslim

Image result for alquran

Oleh
Ustadz Ahmas Fais Asifuddin

Mengimani nama-nama dan sifat-sifat Allah merupakan salah satu rukun penting dalam beriman kepada Allah yang memiliki empat rukun, yaitu: Beriman kepada ekstensi Allah, beriman kepada Rububiyah Allah, beriman kepada Uluhiyah Allah dan beriman kepada Asma’ wa Sifat (nama-nama serta sifat-sifat) Allah.[1]

Tidak bisa dibayangkan seseorang yang ingin menyembah Allah tetapi tidak mengenal nama-nama dan sifat-sifat-Nya. Ia bisa terjebak dalam kesalahan fatal yang bisa mengakibatkan kecelakaan di dunia dan di akhirat. Minimal, tidak bisa sempurna dalam beribadah.

Selengkapnya...