Yahudi dan Nashara adalah orang-orang kafir?

Kategori: Aqidah - Tauhid
Diterbitkan: Selasa, 04 September 2018
Ditulis oleh shahibmuslim

 

Bagi seorang muslim, kekafiran Yahudi dan Nasrani merupakan perkara yang telah jelas. Namun oleh para penyeru penyatuan agama, kekafiran mereka dibuat kabur sehingga ada orang Islam yang menganggap mereka sama dengan kaum muslimin. Berikut ini penjelasan dari asy-Syaikh Muhammad Shalih al-‘Utsaimin rahimahullah bahwa Yahudi dan Nasrani adalah kafir sehingga seorang muslim tidak boleh bersikap loyal kepada mereka, sekalipun dalam hal memberi salam lebih dahulu.

 

certification criteria

 

Ucapan Tentang Tidak Bolehnya Mengafirkan Yahudi dan Nasrani

 

Selengkapnya...

Bersegera Menghapus Catatan Dosa dengan Amal Kebaikan

Kategori: Aqidah - Tauhid
Diterbitkan: Selasa, 04 September 2018
Ditulis oleh shahibmuslim

Bismillah…
Rasulullah shallallahualaihiwasallam bersabda,

اتق الله حيثما كنت ، وأتبع السيئة الحسنة تمحها، وخالق الناس بخلق حسن

“Bertakwalah kepada Allah di manapun anda berada. Iringilah perbuatan dosa dengan amal kebaikan, karena kebaikan itu dapat menghapusnya. Serta bergaulah dengan orang lain dengan akhlak yang baik” (HR. Ahmad 21354, Tirmidzi 1987, ia berkata: ‘hadits ini hasan shahih).

Pelajaran dari hadis ini, bahwa seorang hamba apabila terjatuh dalam dosa, hendaklah bersegera menghapusnya dari catatan amal, supaya ia terhindarkan dari segala dampak buruk yang akan timbul dari dosa yang ia lakukan. Oleh karenanya Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

Selengkapnya...

Kejahatan Syirik bisa menghapus kebaikan-kebaikannya

Kategori: Aqidah - Tauhid
Diterbitkan: Selasa, 04 September 2018
Ditulis oleh shahibmuslim

Bismillah. Segala puji hanya bagi Allah Rabb semesta alam, shalawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad beserta keluarganya dan para sahabatnya, serta orang-orang yang mengikuti jalannya dengan ihsan.

Allah Ta’ala berfirman dalam Al Qur’an yang mulia:

وَلَقَدْ أُوحِيَ إِلَيْكَ وَإِلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكَ لَئِنْ أَشْرَكْتَ لَيَحْبَطَنَّ عَمَلُكَ وَلَتَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu: “Jika kamu berbuat syirik, niscaya akan terhapuslah amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi” (Qs. Az Zumar: 65).

Selengkapnya...

Dosa Syirik adalah Dosa besar yang tidak diampuni Allah

Kategori: Aqidah - Tauhid
Diterbitkan: Sabtu, 01 September 2018
Ditulis oleh shahibmuslim

Yang dianggap masalah besar saat ini adalah jika ada yang melakukan korupsi sampai milyaran rupiah. Jika ada seseorang percaya pada ramalan bintang; meyakini ampuhnya pelet dan jimat; meyakini bahwa jika ingin do’a mudah dikabulkan, maka bertawasullah kepada wali atau pak kyai yang telah, nanti mereka yang menyampaikan do’a pada Allah; hal-hal ini dianggap sebagai perkara biasa dibanding yang penulis ungkapkan di awal. Tidak ada yang takuti, tidak ada yang merasa khawatir. Bahkan banyak yang tidak tahu kalau hal-hal tersebut termasuk syirik. Padahal di sisi Allah, jika dosa syirik tidak ditaubati sebelum mati, maka dosa tersebut tidak akan diampuni. Hal ini beda halnya dengan seseorang melakukan dosa di bawah kesyirikan seperti korupsi, zina dan minum minuman keras.

Allah Ta’ala berfirman,

إِنَّ اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ

Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya.” (QS. An Nisa’: 48).

 

Selengkapnya...

Nabi Isa as menolak disebut Tuhan Al Maidah 116-117

Kategori: Aqidah - Tauhid
Diterbitkan: Sabtu, 25 Agustus 2018
Ditulis oleh shahibmuslim

Image result for Nabi Isa as

Di dalam Al Qur'an, Isa atau yang diklaim umat Kristiani sebagai Tuhan Yesus, jelas-jelas menolak jika dirinya disebut Tuhan.
Isa hanya manusia biasa yang diangkat oleh Allah SWT sebagai Nabi-Nya.
 

 


Berikut Kisah Nabi Isa as Menolak Disebut Tuhan.
Nabi Isa as diangkat menjadi nabi untuk berdakwah kepada kaum Bani Israil di Palestina.
DalamAl Qur'an, nama Isa disebut sebanyak 25 kali.
Sebagai seorang Nabi, Isa banyak dikarunia mukjizat.

Selengkapnya...