Pengertian Ilmu Tafsir, Metode, Hukum, dan Macam-macamnya

Kategori: Tafsir dan Ulumul Hadits
Diterbitkan: Jumat, 28 September 2018
Ditulis oleh shahibmuslim
 
Dalam pembahasannya nanti, tidak hanya dibahas dari segi pengertiannya, tetapi juga berkaitan dengan metode-metode penafsiran, hukum dari ilmu tafsir, serta macam-macam tafsir.
 
Pendahuluan
 
Al-Qur’anul Karim adalah kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, mengandung hal-hal yang berhubungan denganm keimanan, ilmu pengetahuan, kisah-kisah, filsafat, peraturan-peraturan yang mengatur tingkah laku dan tata cara hidup manusia, baik sebagai makhluk individu ataupun sebagai makhluk sosial, sehingga berbahagia hidup di dunia dan di akhirat.

Tafsir Surat Al Baqorah ayat 81 QS. 2:81

Kategori: Tafsir dan Ulumul Hadits
Diterbitkan: Selasa, 25 September 2018
Ditulis oleh shahibmuslim

بَلَىٰ مَن كَسَبَ سَيِّئَةً وَأَحَاطَتْ بِهِ خَطِيئَتُهُ فَأُولَٰئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ ۖ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

( 81 )   (Bukan demikian), yang benar: barangsiapa berbuat dosa dan ia telah diliputi oleh dosanya, mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.

 

Selengkapnya...

Tafsir Surat Ali Imran Ayat 25 (QS.3:25)

Kategori: Tafsir dan Ulumul Hadits
Diterbitkan: Sabtu, 22 September 2018
Ditulis oleh shahibmuslim
 Ali Imran ayat 25
فَكَيْفَ إِذَا جَمَعْنَاهُمْ لِيَوْمٍ لَا رَيْبَ فِيهِ وَوُفِّيَتْ كُلُّ نَفْسٍ مَا كَسَبَتْ وَهُمْ لَا يُظْلَمُونَ 
”bagaimana jika (nanti) mereka Kami kumpulkan pada hari (Kiamat) yang tidak diragukan terjadinya, kepada setiap jiwa (diberi balasan yang sempurna) sesuai dengan apa yang telah dikerjakannya dan mereka tidak dizalimi (dirugikan).”
 

Selengkapnya...

Larangan Menafsirkan Alquran sembarangan atau bebas

Kategori: Tafsir dan Ulumul Hadits
Diterbitkan: Sabtu, 01 September 2018
Ditulis oleh shahibmuslim

Pernyataan bahwa Al Qur’an itu bebas tafsir erat kaitannya dengan bahasan at tafsir bir ra’yi (penafsiran Al Qur’an dengan opini). Karena jika Al Qur’an dikatakan bebas tafsir artinya semua orang bebas untuk memaknai dan menafsirkan Al Qur’an dengan opini mereka masing-masing dan pemahaman masing-masing yang keluar dari benak mereka. Apakah yang demikian dibenarkan?

Pengertian at tafsir bir ra’yi

At tafsir bir ra’yi artinya penafsiran seseorang dalam menjelaskan makna-makna Al Qur’an dengan suatu pemahaman khusus yang hanya berlandaskan dengan ra’yu (opini) semata 1.

Selengkapnya...

Tafsir surat an nahl 16 ayat 92 dengan Asbabunnuzul

Kategori: Tafsir dan Ulumul Hadits
Diterbitkan: Sabtu, 11 Agustus 2018
Ditulis oleh shahibmuslim

 

A. Surat An-Nahl Ayat 92

"Dan janganlah kamu seperti seorang perempuan yang menguraikan benangnya yang sudah dipintal dengan kuat, menjadi cerai berai kembali, kamu menjadikan sumpah (perjanjian) mu sebagai alat penipu di antaramu, disebabkan adanya satu golongan yang lebih banyak jumlahnya dari golongan yang lain (Kaum muslimin yang jumlahnya masih sedikit itu telah Mengadakan Perjanjian yang kuat dengan Nabi di waktu mereka melihat orang-orang Quraisy berjumlah banyak dan berpengalaman cukup, lalu timbullah keinginan mereka untuk membatalkan Perjanjian dengan Nabi Muhammad s.a.w. itu. Maka perbuatan yang demikian itu dilarang oleh Allah s.w.t.). Sesungguhnya Allah hanya menguji kamu dengan hal itu. dan Sesungguhnya di hari kiamat akan dijelaskan-Nya kepadamu apa yang dahulu kamu perselisihkan itu."